• Cirebon, Indonesia
  • 0899-5625-137
  • anamfal.pesantren@gmail.com

Wujudkan Mimpi Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri

Sabtu, 31 Oktober 2020

Tipe Karakter ENTP

 Tipe Karakter ENTP

Tipe kepribadian ENTP sering disebut juga sebagai visioner dan inventor (Sang Penemu). Tipe kepribadian ini terdiri dari extraversion, intuition, thinking, perceiving. Sang Pengdebat.

Seorang ENTP sering mendapatkan sebuah ide hanya dengan melihat situasi yang terjadi di kehidupan mereka. Mereka juga memiliki intuisi yang sering digunakan untuk memutuskan apa yang harus dilakukan di situasi tertentu.

Orang berkepribadian ENTP memiliki kemampuan lebih untuk mengerti lingkungan sekitarnya. Mereka juga dapat mengerti tentang perasaan orang lain sehingga punya keuntungan di dalam hidupnya.

Mereka fleksibel, ketika ada tugas yang jangkauannya luas, mereka akan cepat beradaptasi. Ketika ENTP tertarik akan suatu hal, mereka pasti melakukannya dengan cukup baik. Ketika mereka mengasah intuisinya, maka mereka akan sangat peduli pada sebuah kemungkinan. Sehingga, mereka akan mempunyai banyak pilihan untuk penyelesaian masalah. Spontanitas.

ENTP orangnya memiliki banyak ide, hal ini membuat mereka dapat melihat adanya peluang dimanapun berada. Ketika memiliki sebuah ide, mereka akan sangat bersemangat dan mengajak orang lain untuk ikut antusias seperti dirinya. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan dukungan yang diperlukan agar idenya bisa terwujud.

Walaupun ENTP sangat antusias terhadap idenya, mereka biasanya kurang tertarik untuk mengembangkan ide yang mereka mulai. Hal tersebut membuat ENTP punya kebiasaan buruk, mereka tidak akan menyelesaikan apa yang sudah dimulai.

ENTP lebih tertarik dengan informasi baru, tetapi mereka enggan membuat sebuah keputusan. Dengan menangkap informasi, mereka menjadi cukup logis dan rasional ketika mengambil sebuah kesimpulan. Jika seorang ENTP mengembangkan bakatnya, mereka bisa menjadi visioner hebat dengan keahliannya untuk mencipta dan kerja keras.

Seorang ENTP yang kurang bisa mengembangkan sensing – feeling, biasanya mereka akan menjadi terlalu terobsesi pada detail yang kecil. Detail tersebut akan dianggap penting oleh seorang ENTP, padahal nyatanya tidak penting untuk hal yang besar.

Orang dengan kepribadian ENTP cukup berpengetahuan, mereka tertarik pada tantangan, konsep, dan hal yang sulit. Ketika menghadapi masalah, mereka akan melakukan improvisasi dan dengan cepat mampu membuat solusi kreatif.

Ciri-cici Orang Berkepribadian ENTP

Kamu bisa mengetahui seperti apa ciri orang yang tipe kepribadiannya ENTP.

Seorang ENTP selalu berorientasi pada proyek. Mereka senang membangun teori dan ide, dengan ide yang dipunya, ENTP menjadi orang yang kreatif dan memiliki akal yang banyak.

Orang berkepribadian ENTP memiliki banyak bakat, misalnya seperti kemampuan komunikasi yang baik. Jika diajak berdebat, ENTP merupakan orang yang akan dengan senang hati menerimanya.

Di masyarakat pun ENTP diterima dengan baik karena mereka mampu bersosialisasi. Walaupun bisa memimpin dengan baik, mereka tidak terlalu suka mengendalikan orang lain. Selain tidak suka mengendalikan orang lain, mereka juga akan menolak jika diatur oleh orang lain.

ENTP merupakan orang yang energik dan mampu memberikan motivasi kepada orang lain. Mereka memiliki pengetahuan yang tinggi akan sesuatu, dan mereka memiliki kompetensi di bidang tersebut.

Dengan pengetahuan yang luas, mereka menjadi pemikir yang rasional dan logis. Mereka mampu menangkap suatu konsep dan teori yang sulit. Kemampuan untuk menyelesaikan teori yang sulit membuat mereka menyukai hal tersebut.

Seorang ENTP cenderung tidak menyukai jadwal yang padat dan terlalu berdekatan. Mereka juga tidak suka mengerjakan rutinitas yang sama. Jika ada tugas yang detail sekali, mereka juga tidak menyukainya.

Kekuatan ENTP

Orang yang tipe kepribadiannya ENTP memiliki beberapa kekuatan.

Seorang ENTP jika memiliki peluang untuk belajar sesuatu, mereka jarang sekali melewatkannya. Informasi yang ingin didapat ENTP biasanya tidak direncanakan untuk belajar secara khusus. Kadang, mereka belajar sesuatu hanya karena ada hal menarik yang mereka temukan.

ENTP memiliki pemikiran yang fleksibel, ketika sedang membicarakan sebuah ide, mereka mampu dengan cepat berpindah dari ide yang satu ke ide lainnya.

Dengan pengetahuan dan kreativitas yang dimiliki ENTP, mereka mampu berpikir jauh dari sistem yang sudah ada sebelumnya.

Seorang ENTP senang ketika menganalisis masalah dari banyak sudut pandang, mereka berusaha bagaimana caranya menemukan solusi terbaik dari masalah tersebut. Mereka dapat mengombinasikan antara pengetahuan yang dimiliki dengan ide orisinil milik mereka.

Orang yang tipe kepribadiannya ENTP memiliki cara yang unik dalam berbicara dan menggugah orang lain. Seorang ENTP sangat percaya dengan dirinya sendiri, mereka dapat berpikir cepat dan punya keahlian untuk membuat komunikasi dengan orang lain menjadi menarik.

ENTP adalah orang yang penuh energi dan antusias terhadap hal yang menarik bagi mereka. Mereka bahkan bisa bekerja seharian sampai malam, ketika mengerjakan sesuatu sampai akhirnya menemukan solusi.

Kelemahan ENTP

ENTP selain memiliki kekuatan, mereka juga punya kelemahan. Bicara sangat cepat. Sering memotong pembicaraan orang lain.

Mereka sangat argumentatif, sering memperdebatkan sesuatu. Mereka akan menghabiskan energi yang dipunya untuk berdebat dengan orang lain demi mempertahankan apa yang mereka percayai.

ENTP merupakan orang yang rasional, mereka seringkali salah menilai bagaimana sebenarnya perasaan orang lain. Contohnya ketika mereka sedang berdebat, seorang ENTP kadang tidak menyadari perasaan lawan debatnya. Bahkan, ketika berdebat, mereka bisa menyakiti perasaan orang yang diajak berdebat.

Orang berkepribadian ENTP merupakan tipe seseorang yang kurang toleran. Mereka kurang toleran dengan pendapat orang lain, kecuali jika orang tersebut mampu meyakinkan ENTP tentang ide yang dimiliki. Jika tidak bisa meyakinkan, ENTP tidak hanya menolak ide saja, tetapi juga orang yang punya ide.

Dengan banyak ilmu yang diketahui dan orang yang fleksibel, ENTP dapat berpindah dari satu ide ke ide lain. Hal tersebut malah akan membuat ide awal yang mereka miliki jadi tidak terlaksana dengan baik. Mereka menjadi tidak fokus untuk menyelesaikan ide pertama karena teralihkan dengan ide lainnya.

Seorang ENTP selalu tertarik pada ide dan konsep. Tetapi, ketika menjalankan ide tersebut, mereka akan mengalami kesulitan. Hingga akhirnya, ENTP akan kehilangan ketertarikan untuk menjalankan ide secara konsisten.

Partner Alami

Seorang ENTP punya partner alami, yaitu tipe kepribadian INFJ atau INTJ.

Jurusan Kuliah dan Pekerjaan yang Cocok untuk ENTP

Berikut ini beberapa pekerjaan yang menjadi favorit orang berkepribadian ENTP.

Aktor
Fotografer
Ilmuwan
Konsultan
Marketing
Pengacara
Programmer
Psikolog

Tokoh Terkenal Berkepribadian ENTP

Berikut ini beberapa tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ENTP.

Alexander the Great
Alfred Hitchcock
John Adams
Julia Child
Lewis Carroll
Theodore Roosevelt
Thomas Edison
Walt Disney
Hotman Paris Hutapea

Saran Pengembangan ENTP

Ada beberapa saran yang bisa dilakukan oleh seorang ENTP agar dapat berkembang menjadi lebih baik.

Seorang ENTP sebaiknya mencoba mengalah dan memilih opsi win-win solution, jangan hanya ingin menang sendiri. Belajarlah untuk lebih disiplin dan konsisten dengan ide yang sudah dilakukan.

Jika ada keinginan untuk berdebat, sebaiknya menghindar, jangan ikut dalam sebuah perdebatan.

Sembangkanlah cara pandang agar tidak terlalu menjadi orang yang optimis. Belajar juga untuk waspada agar tidak mengambil resiko yang tidak realistis.

Sebaiknya belajar memberi perhatian pada perasaan orang lain. Kamu perlu memahami orang lain, agar ketika tidak sengaja masuk ke dalam perdebatan, kamu bisa menghindari menyakiti perasaan orang lain.


FH. 

Video Pesantren Qur'an Anamfal Indonesia Profile | Ahlul Qur'an with Gloval Vision

Faisal Hilmi : Brunei Darussalam Ramadan Road Show - Al-Qur’an | Leadership Development I Kemajuan

Achievement Activities Ahsin Sakho Muhammad Alumni Amalan Anamfal Got Talent Asatidz Asean Banten Beasiswa Ahlul Quran Beasiswa Kader Pesantren Beasiswa Kuliah Indonesia Beasiswa Kuliah Luar Negeri Beasiswa Tahfiz Quran Bogor Books Brochure Brunei Darussalam Celebration of Islamic Days Celebration of National Days Competition Conference Cost Covid19 Curriculum Data Base Download DSN MUI Dua Collection Eid Al-Fitr English Facilities Faisal Hilmi Faisal Hilmi Road Show Fatwa Form Gallery Global Vision Programs Haddad Alwi Hari Batik Nasional Hari Santri Nasional Hari Sumpah Pemuda ICOP - Internasional Conference on Pesantren Independence Day Islamic Holidays Islamic University Web Kalender Pesantren Karya Asatidz Karya Santri Khitobah Khotmil Quran Kitab Komunitas Fami Bisyauqin Anamfal Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara Kotak Curhat - Fatwa Kehidupan Language Programs Link Lomba MHQ SD/MI Lowongan Kerja Malala Yousafzai Malaysia Martin Luther King Masjid Agung Al-Azhar Maulid Nabi Muhammad SAW Methods MHQ MKQ MTQ Mudabbir Muharram MUI Muktamar NU Multaqa Ulama Al-Qur'an Nusantara Nahdlatul Ulama New Santri Registration News Ngaji Bareng Faisal Hilmi OIP One Week One Khatam Quran P2I Pembangunan Pembangunan Asrama Anamfal Pengabdian Masyarakat Peringatan RA Kartini Pesantren Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta Pesantren Development Pesantren Examination Pesantren Quran Link Pesantren Scholarship Photo Poster Profile Programs Proposal Puasa Puisi Qiroah Quote Abi Faisal Hilmi Quran Competition Quran Institutions Ramadan Regulation Riau Rihlah Ilmiah RMI NU Rokan Hulu Salawat Santunan Yatim-Dhuafa Schedule School School Package SEHATI Selection Self Development Programs Seminar Pesantren Serang Shalat SMPN 14 Tangerang Selatan Soekarno SOP South Jakarta South Tangerang Speech Sports Study Tour Tafsir Tahfiz Tahfiz Competition Taiwan Tajwid Tangerang Tes Psikologi Anamfal Tilawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ulama Quran University Scholarship Value and Wisdom of Film Video WA Programs Waqf West Java Yogyakarta Zikir

Pesantren Qur'an Anamfal

Sekretariat Pesantren Quran Anamfal 
Jl. Raya Pasawahan,
 Pasawahan, Susukan Lebak, Cirebon 
West Java - Indonesia

Kantor Anamfal Jakarta 
@Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kontak

Call Center
CS +62899-5625-137 
Hilmi +62853-5135-5201 

Email: anamfal.pesantren@gmail.com 
Web : www.anamfalpesantren.com

Wujudkan Mimpi Studi di Eropa, Amerika, atau Australia dengan Mondok di Anamfal

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir
Sedekah Hafiz Qur'an Tuntas 30 Juz (SEHATI)