• Cirebon, Indonesia
  • 0899-5625-137
  • anamfal.pesantren@gmail.com

Wujudkan Mimpi Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri

Sabtu, 31 Oktober 2020

Tipe Karakter ISFJ

 Tipe Karakter ISFJ

Tipe kepribadian ISFJ dikenal juga sebagai pembela, tipe kepribadian ini terdiri dari introversion, sensing, feeling, dan judging. Tipe kepribadian ini bisa dibilang unik, banyak kualitas diri yang bertentangan dengan definisi sifat individu mereka.

Misalnya saja seperti rasa empati, walaupun ISFJ memiliki rasa empati mereka dapat menjadi “galak” ketika melindungi keluarga atau teman. Mereka ini pendiam dan hati-hati, tapi mereka sangat baik dalam berkomunikasi dan memiliki hubungan sosial yang kuat.

Seorang ISFJ adalah orang yang berhati hangat dan baik, suka kerjasama dan keharmonisan. Mereka bahkan sangat sensitif terhadap orang lain.

Seorang ISFJ punya jiwa yang kaya, mereka akan mencari tahu informasi tentang orang dan situasi yang penting bagi mereka dan menyimpannya. Keunikan ISFJ adalah dapat mengingat ekspresi orang saat berbicara. Mereka bahkan bisa mengingat secara detail pembicaraan dengan seseorang jika keadaanya membuat mereka tertarik.

Orang yang tipe kepribadiannya ISFJ akan menghargai hukum dan tradisi. Mereka memiliki kecenderungan percaya pada sebuah sistem yang sudah berjalan. Cara belajar untuk orang yang bertipe ISFJ adalah langsung melakukannya. Jadi mereka akan lebih mudah menyerap ilmu jika melakukan langsung dari pada hanya membaca buku.

Jiwa sosial ISFJ ini tinggi, mereka sangat peduli terhadap perasaan diri sendiri dan orang lain. Biasanya, mereka tidak akan mengekspresikan perasaannya secara langsung. Lebih sering untuk menyimpan apa yang dirasakannya dalam hati.

Jika seorang ISFJ mempunyai perasaan negatif terhadap suatu hal, maka mereka akan menyimpan perasaan tersebut. Mereka akan membangun perasaan tersebut di dalam hati sampai mereka akhirnya menghakiminya secara individu. Kalau sudah seperti itu, maka hal tersebut akan sulit untuk diubah.

Tipe kepribadian ISFJ jika memiliki sebuah kewajiban, maka akan melakukannya dengan penuh tanggung jawab. Dalam melakukan sesuatu, ISFJ butuh masukan yang positif, jika mereka mendapat kritik bisa jadi mereka akan berkecil hati, bahkan bisa sampai menjadi depresi.

Ciri-ciri Orang Berkepribadian ISFJ

Orang bertipe kepribadian ISFJ memiliki beberapa ciri-ciri yang cukup mudah untuk diketahui.

Mereka peduli pada perasaan dan reaksi orang yang ada di sekitarnya. Kalau mau tanya sesuatu, bisa kepada mereka karena informasi yang disimpan sangat banyak. Ingatan mereka cukup baik, terutama pada hal yang dirasa penting bagi mereka.

Untuk memutuskan sesuatu, seorang ISFJ akan penuh dengan pertimbangan. Mereka sangat hati-hati dan teliti, sehingga apa yang mereka katakan biasanya akurat.

Jika kamu butuh orang yang bisa dipercaya, mereka ini orang yang cocok. Mereka akan bekerja keras sampai mencapai tujuan yang dituju. Pekerjaan mereka lebih stabil dan selalu rendah hati. Tapi, jika pekerjaan berhubungan dengan teori dan pemikiran abstrak, maka hal tersebut kurang cocok dengan mereka.

Walaupun ISFJ merupakan pekerja keras, tapi mereka tidak suka melakukan sesuatu yang kurang berarti. Mereka lebih senang melakukan apa yang berarti karena membutuhkan keamanan dan ingin hidup damai.

Seorang ISFJ lebih mementingkan orang lain dari pada dirinya sendiri. Tetapi, mereka sangat menghindari jika terjadi konflik dan konfrontasi karena mereka tidak nyaman dengan hal tersebut.

Kekuatan ISFJ

Ada beberapa kekuatan dari orang bertipe ISFJ.

Maksudnya adalah seorang ISFJ akan senang membantu orang lain. Misalnya saja seperti berbagai pengalaman, ilmu pengetahuan, waktu, bahkan energi mereka untuk orang lain. Seorang ISFJ lebih memilih semua pihak merasa senang dan lebih berempati pada suatu hal.

Jika kamu melakukan suatu kegiatan dengan mereka dan sudah menetapkan tujuan, maka ISFJ akan mendukungnya dengan penuh tanggung jawab. Mereka akan berusaha untuk membuat sebuah perubahan di sekitarnya.

Orang bertipe ISFJ akan mendedikasikan diri meka pada tujuan yang sudah ditetapkan. Mereka akan bekerja keras agar tujuan dapat tercapai. Bahkan, jika waktu berjalan cukup lama, rasa antusias dengan pekerjaannya bisa berubah menjadi loyalitas.

ISFJ selalu bekerja dengan hati-hati, mereka tidak akan serta merta berhenti di tengah jalan. Mereka akan melakukan pendekatan sampai pekerjaan selesai. Pekerjaan yang dilakukan oleh ISFJ biasanya akan memenuhi standar atau bahkan bisa melebihi dari standar yang ditentukan.

Seorang ISFJ adalah orang yang imajinatif, mereka senang juga memperhatikan bagaimana perasaan orang lain. Hal ini karena mereka selalu rendah hati.

Kemampuan untuk melakukan sesuatu pemilik tipe ISFJ sangatlah baik. Selain itu, mereka juga akan mendahulukan orang lain daripada diri mereka sendiri.

Kekurangan ISFJ

Selain kelebihan, tipe ISFJ juga memiliki beberapa kekurangan.

Seorang ISFJ lebih mementingkan kepentingan orang lain dari pada diri mereka sendiri. Hal ini tentu bisa dianggap baik untuk beberapa hal, tapi bisa juga menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri. ISFJ sulit menolak ketika dimintai tolong oleh orang lain, padahal kadang hal tersebut menyulitkan diri mereka sendiri.

Orang bertipe ISFJ biasanya sulit memisahkan antara hal yang pribadi dan bukan. Kebanyakan, mereka akan kesulitan ketika berinteraksi dengan seseorang secara profesional. Hal ini dikarenakan masalah pekerjaan bisa menjadi masalah personal.

ISFJ cenderung tertutup, mereka lebih suka menyimpan apa yang ada di hatinya dan sulit untuk mengungkapkannya. Perasaan negatif yang disimpan biasanya akan membuat mereka menjadi stress bahkan sampai bisa frustasi.

Seorang ISFJ ini sangat pemalu, mereka enggan untuk menonjolkan diri di depan orang, bahkan ketika mereka berbuat baik pada orang lain. Standar yang dimiliki ISFJ juga tinggi, ketika orang lain membantu dianggap pekerjaan besar, bisa jadi, bagi ISFJ merupakan pekerjaan yang biasa dilakukannya.

Memiliki standar yang tinggi ternyata tidak selalu baik, salah satunya seperti seorang ISFJ. Karena memiliki standar yang tinggi, seorang ISFJ sering bekerja terlalu keras sehingga berakibat kurang baik untuk dirinya sendiri.

Selalu menghargai sejarah dan tradisi membuat ISFJ sulit untuk mengubah gaya hidupnya ke yang baru.

Partner Alami ISFJ

ISFJ memiliki partner alami, yaitu orang dengan kepribadian ESFP atau ESTP.

Jurusan Kuliah dan Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ

Beberapa pekerjaan berikut ini cocok untuk seseorang yang memiliki tipe kepribadian ISFJ.

Administrator
Akuntan
Arsitek
Desain interior
Desainer
Guru
Pegawai bank
Pekerja sosial
Penjaga toko
Penjaga perpustakaan
Penyedia jasa penitipan anak
Perawat

Orang Terkenal Berkepribadian ISFJ

Berikut ini beberapa orang terkenal dengan tipe kepribadian ISFJ.

Dr. Dre
Kristi Yamaguchi
Louisa May Alcott
Michael Caine
Mother Teresa

Saran untuk ISFJ

Ada beberapa saran untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian ISFJ. Orang ISFJ perlu mengembangkan kekuatan yang dimiliki dan memberitahukannya pada orang lain agar tercipta keharmonisan dan keseimbangan.

Seorang ISFJ ada baiknya ikut andil dalam mengorganisir dan mendesain sesuatu. Hal tersebut tentu akan sangat baik, bukan cuma buat diri sendiri tapi juga orang lain. Temukanlah hobi atau pekerjaan yang dapat membuat ISFJ menyadari kelebihan yang mereka miliki.

Pahami juga kelemahan diri, semua hal yang terjadi itu kadang tidak seperti yang kita inginkan. Perlu ditekankan juga bahwa diri ini tidak selalu tahu apa yang terbaik untuk orang lain. Bukalah hati agar lebih mengerti apa yang dibutuhkan oleh orang di sekitar.


Video Pesantren Qur'an Anamfal Indonesia Profile | Ahlul Qur'an with Gloval Vision

Faisal Hilmi : Brunei Darussalam Ramadan Road Show - Al-Qur’an | Leadership Development I Kemajuan

Achievement Activities Ahsin Sakho Muhammad Alumni Amalan Anamfal Got Talent Asatidz Asean Banten Beasiswa Ahlul Quran Beasiswa Kader Pesantren Beasiswa Kuliah Indonesia Beasiswa Kuliah Luar Negeri Beasiswa Tahfiz Quran Bogor Books Brochure Brunei Darussalam Celebration of Islamic Days Celebration of National Days Competition Conference Cost Covid19 Curriculum Data Base Download DSN MUI Dua Collection Eid Al-Fitr English Facilities Faisal Hilmi Faisal Hilmi Road Show Fatwa Form Gallery Global Vision Programs Haddad Alwi Hari Batik Nasional Hari Santri Nasional Hari Sumpah Pemuda ICOP - Internasional Conference on Pesantren Independence Day Islamic Holidays Islamic University Web Kalender Pesantren Karya Asatidz Karya Santri Khitobah Khotmil Quran Kitab Komunitas Fami Bisyauqin Anamfal Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara Kotak Curhat - Fatwa Kehidupan Language Programs Link Lomba MHQ SD/MI Lowongan Kerja Malala Yousafzai Malaysia Martin Luther King Masjid Agung Al-Azhar Maulid Nabi Muhammad SAW Methods MHQ MKQ MTQ Mudabbir Muharram MUI Muktamar NU Multaqa Ulama Al-Qur'an Nusantara Nahdlatul Ulama New Santri Registration News Ngaji Bareng Faisal Hilmi OIP One Week One Khatam Quran P2I Pembangunan Pembangunan Asrama Anamfal Pengabdian Masyarakat Peringatan RA Kartini Pesantren Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta Pesantren Development Pesantren Examination Pesantren Quran Link Pesantren Scholarship Photo Poster Profile Programs Proposal Puasa Puisi Qiroah Quote Abi Faisal Hilmi Quran Competition Quran Institutions Ramadan Regulation Riau Rihlah Ilmiah RMI NU Rokan Hulu Salawat Santunan Yatim-Dhuafa Schedule School School Package SEHATI Selection Self Development Programs Seminar Pesantren Serang Shalat SMPN 14 Tangerang Selatan Soekarno SOP South Jakarta South Tangerang Speech Sports Study Tour Tafsir Tahfiz Tahfiz Competition Taiwan Tajwid Tangerang Tes Psikologi Anamfal Tilawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ulama Quran University Scholarship Value and Wisdom of Film Video WA Programs Waqf West Java Yogyakarta Zikir

Pesantren Qur'an Anamfal

Sekretariat Pesantren Quran Anamfal 
Jl. Raya Pasawahan,
 Pasawahan, Susukan Lebak, Cirebon 
West Java - Indonesia

Kantor Anamfal Jakarta 
@Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kontak

Call Center
CS +62899-5625-137 
Hilmi +62853-5135-5201 

Email: anamfal.pesantren@gmail.com 
Web : www.anamfalpesantren.com

Wujudkan Mimpi Studi di Eropa, Amerika, atau Australia dengan Mondok di Anamfal

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir
Sedekah Hafiz Qur'an Tuntas 30 Juz (SEHATI)