• Cirebon, Indonesia
  • 0899-5625-137
  • anamfal.pesantren@gmail.com

Wujudkan Mimpi Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri

Sabtu, 31 Oktober 2020

Tipe Karakter ENFP

Tipe Karakter ENFP

Tipe kepribadian ENFP dikenal juga sebagai juara dan inspirator, kepribadian ini terdiri dari Extraversion, intuition, feeling, dan perceiving.

Seorang ENFP merupakan sosok yang hangat, imajinatif, dan selalu antusias. Mereka melihat kehidupan ini sebagai sesuatu yang memiliki banyak kemungkinan. Antusiasme yang dimiliki seorang ENFP membuat mereka bisa menginspirasi dan memberi motivasi pada orang lain.

Orang berkepribadian ENFP mencintai hidup mereka. Mereka melihat sebuah kehidupan itu sebagai anugerah yang sudah diberikan padanya. Seorang ENFP akan berjuang dan menjalani hidup dengan sungguh-sungguh,

Tipe kepribadian ENFP memiliki kemampuan di banyak bidang. Jika tertarik pada suatu hal, mereka akan mempelajarinya dan menjadikan ENFP bagus dalam hal tersebut. Seorang ENFP itu project oriented, semasa hidupnya, mereka akan melalui beberapa karir yang berbeda.

Seorang ENFP ingin orang lain mengakui dan mengapresiasi hal telah mereka lakukan. Mereka juga butuh dukungan agar dapat mengerjakan sesuatu dengan lebih baik.

Orang yang belum mengenal ENFP, kalau melihat mereka, maka akan berpikiran kalau ENFP hidup tanpa arah dan tujuan yang jelas. Padahal, seorang ENFP itu cukup konsisten. Mereka memegang nilai kehidupan dengan kuat dan menjalaninya sepenuh hati. Segala hal yang mereka lakukan harus seperti apa yang mereka yakini.

Berbeda dengan kebanyakan kepribadian yang memiliki ekstraversion, mereka butuh waktu untuk merenung. Mereka perlu menyendiri dan merenungi tentang kehidupan yang dijalani apakah sudah sama dengan nilai yang mereka percayai.

Mereka termasuk orang yang hangat dan tertarik kepada orang lain. ENFP menganggap bahwa berhubungan dengan orang lain itu adalah sesuatu yang penting. Mereka memiliki kemampuan untuk berimprovisasi dan komunikasi. Lisa seorang ENFP sangat fasih ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Walaupun memiliki kemampuan intuisi untuk melihat sebuah kebenaran tentang orang atau keadaan, seorang ENFP kadang membuat penghakiman yang keliru. Kekeliruan penghakiman seorang ENFP terjadi karena mereka menghakimi dengan persepsi mereka sendiri.

Jika kamu punya orang tua berkepribadian ENFP, maka kehidupanmu penuh dengan pengalaman. Tetapi, ketika seorang anak lebih kuat sensing dan judgingnya, memiliki orang tua ENFP bisa jadi masalah. Si anak akan melihat orang tuanya tidak konsisten dan sulit dimengerti.

Ciri-Ciri Kepribadian ENFP

Kamu bisa mengetahui seseorang itu ENFP atau tidak dari ciri-ciri berikut ini.

Seorang ENFP memiliki intuisi yang cukup baik dan punya persepsi terhadap orang lain. Mereka akan mudah untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain. ENFP senang mendahulukan kepentingan orang lain dari pada diri mereka sendiri.

Orang dengan tipe kepribadian ENFP tidak menyukai pekerjaan rutin. Ketika sudah bekerja, mereka membutuhkan apresiasi dari orang di sekitarnya.

Jika kamu memiliki teman seorang ENFP, mereka ini sangat bersahabat dan kooperatif. Mereka juga memiliki kreatifitas yang tinggi dan selalu energik. Kemampuan mereka dalam komunikasi verbal dan tulis cukup baik.

Mereka juga memiliki jiwa kepemimpinan, tetapi tidak terlalu suka jika harus mengontrol orang lain. Karena, mereka sendiri juga tidak suka ketika dikontrol orang lain.

ENFP bisa bekerja secara rasional dan logis, mereka menggunakan pengetahuan dan intuisi untuk pekerjaannya. Ketika ada teori dan konsep yang sulit, mereka bisa memahaminya.

Kekuatan ENFP

Beberapa kekuatan yang dimiliki seorang ENFP.

Rasa penasaran orang dengan tipe kepribadian ENFP cukup tinggi. Ketika ada ide baru, mereka akan keluar dan mecobanya agar mendapatkan pengalaman yang baru. Mereka tidak takut untuk keluar dari zona amannya. ENFP orangnya berpikiran terbuka, mereka juga imajinatif, melihat hal yang ada di sekitarnya sebagai bagian dari puzzle.

Seorang ENFP suka observasi keadaan di sekitarnya. Mereka mempercayai kalau tidak ada sebuah aksi yang tidak relevan. ENFP akan melihat ide dan sebuah pergerakan sebagai bagian dari hal yang lebih besar. Karena rasa penasaran yang dimilikinya, ENFP mencoba memperhatikan hal tersebut.

ENFP merupakan orang yang akan mengungkapkan rasa ketertarikannya terhadap sesuatu yang ditemui dan akan menceritakannya pada orang lain. Hal tersebut yang membuat mereka mendapat banyak teman dan informasi baru.

Kemampuan komunikasi dari seorang ENFP sangat baik. Ketika sedang ngobrol dengan orang lain, mereka akan sangat menikmatinya, entah itu obrolan yang santai ataupun serius.

Seorang ENFP tahu cara untuk bersenang-senang membebaskan diri dari kepenatan. Mereka kadang akan menyediakan waktu khusus untuk santai dan melakukan hal yang menyenangkan.

Orang berkepribadian ENFP cukup populer dan bersahabat. Mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang baik. Hal tersebut membuat seorang ENFP mudah untuk didekati dan diajak kerja sama.

Kelemahan ENFP

Beberapa kelemahan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian ENFP.

Kemampuan praktikal yang dimiliki oleh ENFP kurang, mereka kurang bisa melakukan dengan baik saat harus mengeksekusi sebuah ide dan memulai proyek. Saat ENFP memiliki ide, mereka membutuhkan dorongan dan bantuan dari orang lain agar dapat menjalankan ide tersebut, jika tidak, maka ide tersebut tidak akan pernah berjalan.

Seorang ENFP sulit sekali untuk fokus pada satu tujuan. Mereka juga sulit untuk fokus melakukan pekerjaan yang rutin dilakukan.

ENFP adalah orang yang ketika melihat suatu hal tidak hanya melihatnya dari permukaan saja. Mereka akan melihat motif apa yang melatarbelakangi hal tersebut, bahkan kalau hal yang terjadi cukup simple. Mereka kadang berpikir terlalu berlebihan sampai sulit tidur. Ketika sudah berpikir berlebihan, ENFP menjadi orang yang mudah stres.

Seorang ENFP memiliki emosi yang cukup tinggi, apalagi ketika sedang dalam tekanan, kritikan, atau saat terjadi konflik. Mereka akan sulit mengendalikan emosinya dan mengeluarkan amarahnya.

Kalau dilihat, ENFP adalah seorang yang mandiri dalam kesehariannya. Karena itu, jika melakukan kesalahan, mereka cenderung menyalahkan diri mereka sendiri.

Partner Alami

Seorang ENFP memiliki partner alami, yaitu orang dengan tipe kepribadian INTJ atau INFJ.

Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

Seorang ENFP memiliki beberapa pekerjaan yang sangat cocok dengan tipe kepribadiannya.

Entertainer
Hospitality
Konselor
Pengajar
Presenter
Psikolog
Reporter
Seniman
MC
Motivator

Tokoh Terkenal dengan Kepribadian ENFP

Andy Kaufmann
Bob Dylan
Charles Dickins
Charlotte Bronte
Dr. Seuss
Robin Williams
Will Smith

Saran Pengembang Diri Seorang ENFP

Beberapa saran yang mungkin bisa dilakukan oleh orang dengan tipe kepribadian ENFP.

Belajarlah untuk selalu fokus pada tujuan atau hal yang sedang dilakukan. ENFP perlu membuat diri mereka menjadi lebih disiplin, tegas, dan konsisten dalam segala hal.

Seorang ENFP juga harus belajar bagaimana sikap yang tepat ketika dikritik dan saat terjadi konflik.

Jangan hanya memikirkan kebutuhan orang lain saja, pikirkan juga diri sendiri. Diri sendiri itu juga butuh diperhatikan agar diri tidak terlalu menanggung banyak beban.

Belajar mengelola uang dengan baik adalah penting, jangan terlalu boros. Kelola uang untuk hal-hal yang penting, kamu bisa membuat alokasi dana ketika gajian agar pengelolaan keuangan lebih mudah.



Video Pesantren Qur'an Anamfal Indonesia Profile | Ahlul Qur'an with Gloval Vision

Faisal Hilmi : Brunei Darussalam Ramadan Road Show - Al-Qur’an | Leadership Development I Kemajuan

Achievement Activities Ahsin Sakho Muhammad Alumni Amalan Anamfal Got Talent Asatidz Asean Banten Beasiswa Ahlul Quran Beasiswa Kader Pesantren Beasiswa Kuliah Indonesia Beasiswa Kuliah Luar Negeri Beasiswa Tahfiz Quran Bogor Books Brochure Brunei Darussalam Celebration of Islamic Days Celebration of National Days Competition Conference Cost Covid19 Curriculum Data Base Download DSN MUI Dua Collection Eid Al-Fitr English Facilities Faisal Hilmi Faisal Hilmi Road Show Fatwa Form Gallery Global Vision Programs Haddad Alwi Hari Batik Nasional Hari Santri Nasional Hari Sumpah Pemuda ICOP - Internasional Conference on Pesantren Independence Day Islamic Holidays Islamic University Web Kalender Pesantren Karya Asatidz Karya Santri Khitobah Khotmil Quran Kitab Komunitas Fami Bisyauqin Anamfal Konferensi Internasional Pengasuh Pesantren se-Asia Tenggara Kotak Curhat - Fatwa Kehidupan Language Programs Link Lomba MHQ SD/MI Lowongan Kerja Malala Yousafzai Malaysia Martin Luther King Masjid Agung Al-Azhar Maulid Nabi Muhammad SAW Methods MHQ MKQ MTQ Mudabbir Muharram MUI Muktamar NU Multaqa Ulama Al-Qur'an Nusantara Nahdlatul Ulama New Santri Registration News Ngaji Bareng Faisal Hilmi OIP One Week One Khatam Quran P2I Pembangunan Pembangunan Asrama Anamfal Pengabdian Masyarakat Peringatan RA Kartini Pesantren Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta Pesantren Development Pesantren Examination Pesantren Quran Link Pesantren Scholarship Photo Poster Profile Programs Proposal Puasa Puisi Qiroah Quote Abi Faisal Hilmi Quran Competition Quran Institutions Ramadan Regulation Riau Rihlah Ilmiah RMI NU Rokan Hulu Salawat Santunan Yatim-Dhuafa Schedule School School Package SEHATI Selection Self Development Programs Seminar Pesantren Serang Shalat SMPN 14 Tangerang Selatan Soekarno SOP South Jakarta South Tangerang Speech Sports Study Tour Tafsir Tahfiz Tahfiz Competition Taiwan Tajwid Tangerang Tes Psikologi Anamfal Tilawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ulama Quran University Scholarship Value and Wisdom of Film Video WA Programs Waqf West Java Yogyakarta Zikir

Pesantren Qur'an Anamfal

Sekretariat Pesantren Quran Anamfal 
Jl. Raya Pasawahan,
 Pasawahan, Susukan Lebak, Cirebon 
West Java - Indonesia

Kantor Anamfal Jakarta 
@Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kontak

Call Center
CS +62899-5625-137 
Hilmi +62853-5135-5201 

Email: anamfal.pesantren@gmail.com 
Web : www.anamfalpesantren.com

Wujudkan Mimpi Studi di Eropa, Amerika, atau Australia dengan Mondok di Anamfal

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir

Cukup 100rb | Dapatkan Pahala Penghafal Qur'an | Pahala jariyah Mengalir Walau Uisa Telah Berakhir
Sedekah Hafiz Qur'an Tuntas 30 Juz (SEHATI)